RPP komunikasi dan konseling
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Program Studi : D III Kebidanan
Mata Kuliah : Komunikasi dan konseling
Kode Mata Kuliah : Bd.403
Semester : II (dua)
SKS : 2 SKS
Dosen Pengampu : Nurdewi Sulymbona, S.SiT. M.Keb
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata
kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan
keterampilan komunikasi dan konseling
dengan
pokok bahasan tentang konsep
dasar komunikasi, sehingga
dapat mengetahui Pengertian komunikasi, unsur-unsur
komunikasi/komponen komunikasi, proses komunikasi, faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi, bentuk komunikasi, serta dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan.
Capaian Pembelajaran MK :
1.
Sikap
a.
Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.
Memiliki moral, etika dan kepribadian
yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
c.
Berperan sebagai warga Negara yang
bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
d.
Mampu berkerja sama dan memiliki
kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan
lingkungannya
e.
Menghargai keanekaragaman budaya,
pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat / temuan orisinal orang lain
f.
Menjunjung tinggi penegakan hukum serta
memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas
2.
Ketrampilan Umum
a.
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup
luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum
maupun yang sudah baku
b.
Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan
terukur
c.
Mampu memecahkan masalah pekerjaan
dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya,
didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya
secara mandiri
d.
Mampu menyusun laporan hasil dan proses
kerja secara akurat dan sahih, serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada
pihak lain yang membutuhkannya
e.
Mampu berkerja sama, berkomunikasi, dan
berinovatif dalam pekerjaannya
f.
Mampu bertanggung jawab atas pencapaian
hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian
pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
g.
Mampu melakukan proses evaluasi diri
terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola
pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
h.
Mampu mendokumentasikan, menyimpan,
mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah
plagiasi
3.
Ketrampilan Khusus
a.
Mampu menjelaskan konsep dasar
komunikasi
b.
Mampu menjelaskan proses komunikasi:
penginterprestasi, penyandian, pengiriman, perjalanan, penerimaan,penyandian
balik, penginterpretasian
c.
Mampu menjelaskan unsur-unsur
komunikasi/komponen komunikasi: pengirim pesan (komunikator), penerima pesan
(komunikan), dan pesan diri itu sendiri
d.
Mampu menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi: latar belakang budaya, ikatan kelompok atau group,
harapan, pendidikan dan situasi
e.
Mampu menjelaskan bentuk komunikasi :
komunikasi massa, komunikasi intrapersonal, komunikasi kelompok
4.
Pengetahuan
a.
Menguasai konsep dasar komunikasi dalam praktik kebidanan
b.
Menguasai konsep komunikasi dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan
profesi lain dalam upaya peningkatan drajad kesehatan ibu dan anak dalam
pelayanan kesehatan.
c.
Menguasai asuhan kebidanan secara efektif, aman, dan holistic dengan memperhatikan
aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas, dan menyusui, bayi baru
lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar
praktik kebidanan dank kode etik profesi
d.
Menguasai penanganan masalah sesuai dengan kewenangannya
e.
Menguasai manusia
sebagai makhluk holistik : Manusia
sebagai makhluk biologis, Manusia sebagai makhluk psikologis, Manusia sebagai
makhluk sosial, dan Manusia sebagai makhluk spiritual
No
|
Kompetensi
Dasar/
Materi/Bahan Kajia
|
Indikator
|
I
|
Mahasiswa mampu melakukan komunikasi efektif dengan macam-macam klien
dalam pelayanan kebidanan
|
1. Pengertian komunikasi
2. Unsur-unsur komunikasi
a. Pengeirim pesan (komunikator)
b. Pengirim pesan (komunikasi)
c. Pesan itu sendri
3. Proses komunikasi
e. Penerimaan.
4. Faktor-faktor yang mempengaruhu
komunikasi
a. Latar belakang budaya
b. Ikatan kelompok atau group
c. Harapan
d. Pendidikan
e. Situasi
5. Bentuk komunikasi
a. komunikasi inrapersonal
b. kelompok antar personal
c. komunikasi kelompok
|
1.
SOAL
PILIHAN GANDA
Mata Kuliah : Komunikasi dan Konseling
Standar
Kompetensi :Setelah menyelesaikan mata kuliah
komunikasi dan konseling, mahasiswa mampu memberikan kemampuan untuk
melaksanakan keterampilan komunikasi dan konseling dengan pokok bahasan tentang konsep dasar
komunikasi, sehingga dapat mengetahui Pengertian komunikasi, unsur-unsur
komunikasi/komponen komunikasi, proses komunikasi, faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi, bentuk komunikasi, serta dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan.
Nomor Butir
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
1
|
1
|
5
|
Bidan dalam melakukan komunikasi pada bayi dan balita agar
lebih efektif adalah..
a.
Kesabaran
bertanya
b.
Bermain
peran sebagai guru
c.
Bersikap
galak
d.
Memberi
sikap yang negatif
e.
Bulan
salah satu diatas
|
b
|
2
|
1
|
1
|
Proses kompleks
dilakukan secara sadar, melibatkan perilaku dan kegiatannya difokuskan untuk
kesembuhan pasien. Termaksud dari komunikasi apakah tersebut!
a.
Komunikasi intrapersonal
b.
Komunikasi interpersonal
c.
Komunikasi terapeutik
d.
Komunikasi medis
e.
Komunikasi gengs
|
c
|
3
|
1
|
3
|
Disebut apakah
bidan melakukan pembatasan pembicaraan dengan tujuan percakapan lebih
spesifik dan mudah dimengerti
a.
Mendengarkan
b.
Menunjukan penerimaan
c.
Memfokuskan
d.
Meringkas
e.
Mengirimkan
|
c
|
4
|
1
|
2
|
Tahap yang merupakan inti hubungan bidan dengan
pasien yang berkaitan dengan pelaksaaan rencana tindakan kebidanan untuk
mencapai tujuan tertentu, hal ini termaksud dari :
a.
Tahap prainteraksi
b.
Tahap orientasi
c.
Tahap perkenalan
d.
Tahap kerja
e.
Tahap pemahaman
|
d
|
5
|
1
|
4
|
Pengamatan
berbagai tingkah laku yang kita lihat dan dengar dalam lingkungan sosial baik
kelompok maupun group merupakan ketampilan observasi pengamatan objektif.
Kecuali...
a.
Pengamatan interpretasi
b.
Pengamatan subjektif
c.
Pengkajian data
d.
Pengamatan invidu
e.
Semua benar
|
e
|
Semarang, 25 Maret 2016
Dosen pengampu
Nurdewi Sulymbona S.SiT, M.Keb
2.
SOAL
URAIAN / ESSAY
Mata Kuliah : Komunikasi
dan Konseling
Standar Kompetensi : Setelah menyelesaikan mata
kuliah komunikasi dan konseling, mahasiswa mampu memberikan kemampuan untuk
melaksanakan keterampilan komunikasi dan konseling dengan pokok bahasan tentang komunikasi efektif
dengan macam-macam klien dalam pelayanan kebidanan, sehingga dapat mengetahui Pengertian komunikasi, unsur-unsur
komunikasi/komponen komunikasi, proses komunikasi, faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi, bentuk komunikasi, serta dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan.
Nomor Butir
|
Kompotensi Dasar
|
Indikator
|
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
6
|
1
|
1
|
Apa pengertian dari komunikasi efektif?
|
Komunikasi
efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar komunikan dapat memahami pesan
yang disampaikan oleh komunikator dan komunikan memberikan umpan balik yang
sesuai dengan pesan.
|
10
|
7
|
1
|
2
|
Sebutkan
apa-apa sja yang termaksud komponen komunikasi!
|
Komponen
komunikasi terdiri dari:
1.
Komponen komunikan
2.
Komponen komunikator
3.
Komponen pesan
4.
Komponen umpan balik
5.
Komponen media
6.
Komponen efek
|
10
|
8
|
1
|
3
|
Jelaskan
bagaimna terjadinya proses komunikasi!
|
Proses
komunikasi terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian
pesan untuk mewujudkan notif komunikasi.
|
10
|
Semarang, 25 Maret 2016
Dosen pengampu
Nurdewi Sulymbona S.SiT, M.Keb
3.
PEDOMAN
PENSKORAN (MARKING SCHEME)
Butir Soal 1 : Apa pengertian dari komunikasi efektif?
Aspek / Kata Kunci
|
Skor
|
Sasaran : sudah
dituliskan
Perubahan tingkah
laku : belum ada
Tingkatan
perubahan tingkah laku : belum ada
Relevansi : Tidak
ada
Kondisi : Tidak
ada
Komunikasi efektif adalah
komunikasi yang bertujuan agar
(1)
Komunikan dapat memahami pesan
(2)
yang disampaikan oleh komunikator dan
komunikan
(3)
memberikan umpan balik yang sesuai
(4)
dengan
pesan.
(5)
|
1
1
1
1
1
5
|
Maksimum skor
|
10
|
Butir Soal 2 : Sebutkan apa-apa sja yang
termaksud komponen komunikasi!
Aspek / Kata Kunci
|
Skor
|
Sasaran : sudah
dituliskan
Perubahan tingkah
laku : belum ada
Tingkatan
perubahan tingkah laku : belum ada
Relevansi : sudah
dituliskan
Kondisi : sudah
dituliskan
Komponen
komunikasi terdiri dari:
1.
Komponen komunikan dan komunikator (1)
2.
Komponen pesan (2)
3.
Komponen umpan balik(3)
4.
Komponen media (4)
5.
Komponen efek (5)
|
1
1
1
1
1
5
|
Maksimum skor
|
10
|
Butir Soal 3 : Jelaskan baimana proses terjadinya
proses komunikasi!
Aspek / Kata Kunci
|
Skor
|
Sasaran : sudah
dituliskan
Perubahan tingkah
laku : sudah ada
Tingkatan
perubahan tingkah laku : belum ada
Relevansi : sudah
ada
Kondisi : sudah
dituliskan
Proses komunikasi
terjadi apabila ada interaksi antar manusia
(1)
(2) (3)
dan ada penyampaian pesan untuk
(4)
mewujudkan notif komunikasi.
(5)
|
1
1
1
1
1
5
|
Maksimum skor
|
10
|
4.
RUMUS
NILAI AKHIR
S
= R
Keterangan:
S
= skor yang diharapkan atau dicari
R
= jumlah item yang dijawab betul (Right)
W = jumlah item yang dijawab salah (wrong)
n
= jumlah option (alternative
jawaban)
1
= bilangan tetap
M.Keb nya lanjut dimana bu dosen sekarang??
BalasHapusInsya allah tahun depan bu len... Wkwkkw
BalasHapus