RPP komunikasi dan konseling



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Program Studi             : D III Kebidanan
Mata Kuliah                : Komunikasi dan konseling
Kode Mata Kuliah      : Bd.403
Semester                      : II (dua)
SKS                             : 2 SKS
Dosen Pengampu        : Nurdewi Sulymbona, S.SiT. M.Keb

Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk melaksanakan keterampilan komunikasi dan konseling dengan pokok bahasan tentang konsep dasar komunikasi, sehingga dapat mengetahui Pengertian komunikasi, unsur-unsur komunikasi/komponen komunikasi, proses komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi, bentuk komunikasi, serta dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan.

Capaian Pembelajaran MK :
1.        Sikap
a.         Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
b.         Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
c.         Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
d.        Mampu berkerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
e.         Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat / temuan orisinal orang lain
f.          Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas


2.        Ketrampilan Umum
a.         Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku
b.         Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
c.         Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
d.        Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkannya
e.         Mampu berkerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
f.          Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
g.         Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri
h.         Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
3.        Ketrampilan Khusus
a.         Mampu menjelaskan konsep dasar komunikasi
b.         Mampu menjelaskan proses komunikasi: penginterprestasi, penyandian, pengiriman, perjalanan, penerimaan,penyandian balik, penginterpretasian
c.         Mampu menjelaskan unsur-unsur komunikasi/komponen komunikasi: pengirim pesan (komunikator), penerima pesan (komunikan), dan pesan diri itu sendiri
d.        Mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi: latar belakang budaya, ikatan kelompok atau group, harapan, pendidikan dan situasi
e.         Mampu menjelaskan bentuk komunikasi : komunikasi massa, komunikasi intrapersonal, komunikasi kelompok


4.        Pengetahuan
a.         Menguasai konsep dasar komunikasi dalam praktik kebidanan
b.         Menguasai konsep komunikasi dengan perempuan, keluarga, masyarakat, sejawat dan profesi lain dalam upaya peningkatan drajad kesehatan ibu dan anak dalam pelayanan kesehatan.
c.         Menguasai asuhan kebidanan secara efektif, aman, dan holistic dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas, dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dank kode etik profesi
d.        Menguasai penanganan masalah sesuai dengan kewenangannya
e.         Menguasai manusia sebagai makhluk holistik : Manusia sebagai makhluk biologis, Manusia sebagai makhluk psikologis, Manusia sebagai makhluk sosial, dan Manusia sebagai makhluk spiritual










No
Kompetensi Dasar/
Materi/Bahan Kajia
Indikator
I
Mahasiswa mampu melakukan  komunikasi efektif dengan macam-macam klien dalam pelayanan kebidanan
1.  Pengertian komunikasi
2.  Unsur-unsur komunikasi
a.    Pengeirim pesan (komunikator)
b.    Pengirim pesan (komunikasi)
c.    Pesan itu sendri
3.  Proses komunikasi
b.    Penyandian.
c.    Pengiriman.
d.   Perjalanan.
e.    Penerimaan.
f.     Penyandian balik.
4.  Faktor-faktor yang mempengaruhu komunikasi
a.    Latar belakang budaya
b.    Ikatan kelompok atau group
c.    Harapan
d.   Pendidikan
e.    Situasi
5.  Bentuk komunikasi
a.    komunikasi inrapersonal
b.    kelompok antar personal
c.    komunikasi kelompok












1.    SOAL PILIHAN GANDA
Mata Kuliah                            : Komunikasi dan Konseling
Standar Kompetensi               :Setelah menyelesaikan mata kuliah komunikasi dan konseling, mahasiswa mampu memberikan kemampuan untuk melaksanakan keterampilan komunikasi dan konseling dengan pokok bahasan tentang konsep dasar komunikasi, sehingga dapat mengetahui Pengertian komunikasi, unsur-unsur komunikasi/komponen komunikasi, proses komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi, bentuk komunikasi, serta dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan.
Nomor Butir
Kompetensi Dasar
Indikator
Soal
Kunci
Jawaban
1
1
5
Bidan dalam melakukan komunikasi pada bayi dan balita agar lebih efektif adalah..
a.       Kesabaran bertanya
b.      Bermain peran sebagai guru
c.       Bersikap galak
d.      Memberi sikap yang negatif
e.       Bulan salah satu diatas
b
2
1
1
Proses kompleks dilakukan secara sadar, melibatkan perilaku dan kegiatannya difokuskan untuk kesembuhan pasien. Termaksud dari komunikasi apakah tersebut!
a.       Komunikasi intrapersonal
b.      Komunikasi interpersonal
c.       Komunikasi terapeutik
d.      Komunikasi medis
e.       Komunikasi gengs
c
3
1
3
Disebut apakah bidan melakukan pembatasan pembicaraan dengan tujuan percakapan lebih spesifik dan mudah dimengerti
a.       Mendengarkan
b.      Menunjukan penerimaan
c.       Memfokuskan
d.      Meringkas
e.       Mengirimkan
c
4
1
2
Tahap yang merupakan inti hubungan bidan dengan pasien yang berkaitan dengan pelaksaaan rencana tindakan kebidanan untuk mencapai tujuan tertentu, hal ini termaksud dari :
a.       Tahap prainteraksi
b.      Tahap orientasi
c.       Tahap perkenalan
d.      Tahap kerja
e.       Tahap pemahaman
d
5
1
4
Pengamatan berbagai tingkah laku yang kita lihat dan dengar dalam lingkungan sosial baik kelompok maupun group merupakan ketampilan observasi pengamatan objektif. Kecuali...
a.       Pengamatan interpretasi
b.      Pengamatan subjektif
c.       Pengkajian data
d.      Pengamatan invidu
e.       Semua benar
e

                                                              Semarang, 25 Maret 2016
                                                              Dosen pengampu

Nurdewi Sulymbona S.SiT, M.Keb







2.    SOAL URAIAN / ESSAY
Mata Kuliah                             : Komunikasi dan Konseling
Standar Kompetensi                : Setelah menyelesaikan mata kuliah komunikasi dan konseling, mahasiswa mampu memberikan kemampuan untuk melaksanakan keterampilan komunikasi dan konseling dengan pokok bahasan tentang komunikasi efektif dengan macam-macam klien dalam pelayanan kebidanan, sehingga dapat mengetahui Pengertian komunikasi, unsur-unsur komunikasi/komponen komunikasi, proses komunikasi, faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi, bentuk komunikasi, serta dapat diterapkan dalam pelayanan kesehatan.

Nomor Butir
Kompotensi Dasar
Indikator
Soal
Kunci
Jawaban
Skor
6
1
1
Apa pengertian dari komunikasi efektif?
Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar komunikan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator dan komunikan memberikan umpan balik yang sesuai dengan pesan.

10
7
1
2
Sebutkan apa-apa sja yang termaksud komponen komunikasi!
Komponen komunikasi terdiri dari:
1.      Komponen komunikan
2.      Komponen komunikator
3.      Komponen pesan
4.      Komponen umpan balik
5.      Komponen media
6.      Komponen efek
10
8
1
3
Jelaskan bagaimna terjadinya proses komunikasi!
Proses komunikasi terjadi apabila ada interaksi antar manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan notif komunikasi.
10

                                                              Semarang, 25 Maret 2016
                                                              Dosen pengampu

Nurdewi Sulymbona S.SiT, M.Keb


















3.    PEDOMAN PENSKORAN (MARKING SCHEME)
Butir Soal 1 : Apa pengertian dari komunikasi efektif?
Aspek / Kata Kunci
Skor
Sasaran : sudah dituliskan
Perubahan tingkah laku : belum ada
Tingkatan perubahan tingkah laku : belum ada
Relevansi : Tidak ada
Kondisi : Tidak ada

Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bertujuan agar
(1)    
 Komunikan dapat memahami pesan                                                                                                                                                  (2)
 yang disampaikan oleh komunikator dan komunikan
(3)
 memberikan umpan balik yang sesuai
                       (4)                                            
dengan pesan.
             (5)
1
1
1
1
1

5




Maksimum skor
10

Butir Soal 2 : Sebutkan apa-apa sja yang termaksud komponen komunikasi!
Aspek / Kata Kunci
Skor
Sasaran : sudah dituliskan
Perubahan tingkah laku : belum ada
Tingkatan perubahan tingkah laku : belum ada
Relevansi : sudah dituliskan
Kondisi : sudah dituliskan

Komponen komunikasi terdiri dari:
1.      Komponen komunikan dan komunikator (1)
2.      Komponen pesan (2)
3.      Komponen umpan balik(3) 
4.      Komponen media (4)
5.      Komponen efek (5)
1
1
1
1
1



5
Maksimum skor
10





Butir Soal 3 : Jelaskan baimana proses terjadinya proses komunikasi!
Aspek / Kata Kunci
Skor
Sasaran : sudah dituliskan
Perubahan tingkah laku : sudah ada
Tingkatan perubahan tingkah laku : belum ada
Relevansi : sudah ada
Kondisi : sudah dituliskan

Proses komunikasi terjadi apabila ada interaksi antar manusia
(1)                                                       (2)                    (3)
 dan ada penyampaian pesan untuk
                                      (4)
 mewujudkan notif komunikasi.
                                      (5)
1
1
1
1
1





5
Maksimum skor
10

4.    RUMUS NILAI AKHIR
S = R

  Keterangan:
            S  = skor yang diharapkan atau dicari
            R  = jumlah item yang dijawab betul (Right)
            W = jumlah item yang dijawab salah (wrong)
            n   = jumlah option (alternative jawaban)
1        = bilangan tetap

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh soal askeb persalinan

ABSTRACT